TUGAS 4
1. A. Harga
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa
disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu
barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat
tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu
produk barang atau jasa.
B. Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberikan atau
menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk
membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjualan.
C. Barang
Barang adalah suatu benda yang dapat dipegang
atau dilihat baik yang merupakan hasil produksi ataupun yang berada di alam
yang memiliki kegunaaan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2. Masalah harga terhadap produksi produsen dan konsumen
dalam melakukan pembelian.
Masalah harga berkaitan dengan bahan baku
yang merupakan hal terpenting dalam proses produksi. Semakin tinggi harga bahan baku maka semakin melunjak
pula biaya produksinya. Dengan kondisi seperti ini produsen harus mencari
inisiatif untuk menekan harga produksi. Hal ini menyebabkan banyaknya produsen
yang memilih untuk menaikkan harga jual barang dagangannya. Tentu saja hal ini
berdampak terhadap menurunnya tingkat penjualan karena konsumen enggan membeli
barang dengan harga tinggi, karena pada hakikatnya konsumen selalu mencari harga
yang paling murah. Sebaliknya jika harga bahan baku rendah, maka semakin kecil
pula biaya produksinya, sehingga tejangkaunya harga barang oleh konsumen yang berdampak naiknya tingkat penjualan
karena konsumen mampu membeli barang dengan harga murah dan terjangkau.
3. A. Pasar
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan
penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
B. Contoh perusahaan yang menggunakan
orientasi pasar : Carrefour
Manfaatnya bagi produsen untuk jangka panjang adalah mencapai kesuksesan yang
bahkan dapat membuat perusahaan lebih unggul dari perusahaan lain, mendapat
kepercayaan lebih dari masyarakat.
Komentar
Posting Komentar